This is aku-writing blog

RPS, what is RPS ?

Posted in Famous People by akuwriting on December 27, 2010

Sudah sebulan ga pernah ngepost.

I’m back.

Jika para readers mendengar singkatan dari RPS, kalau kita mencoba search RPS di google, hasilnya yang keluar seperti Rencana Pengembangan Sekolah, Renewable Portfolio Standard, Rock-Paper-Scissors (permainan batu-kertas-gunting) dan ’maybe’ segilintir orang ada yang mengartikan Rapat Pemegang Saham ’maksain’ seharusnya Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Everything above is wrong, karena RPS disini adalah Rute Panglima Sudirman.
Ok, let me to explain it.

Foto: Jenderal Besar Sudirman


Robek-robeklah badanku.

Potong-potonglah jasadku ini.

Tetapi jiwaku dilindungi benteng merah putih.

Akan tetap hidup.

Tetap menuntut bela.

Siapapun lawan yang aku hadapi.

-Jenderal Besar Sudirman-


Rute Panglima Sudirman (RPS) merupakan salah satu kurikulum di Akademi Militer (AKMIL) Magelang, yang dulunya bernama Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI). RPS  wajib diikuti oleh Calon Prajurit Taruna (Capratar) Akademi TNI yang rute perjalanannya merupakan perjalanan Jenderal Besar Sudirman sewaktu perang gerilya. Selain itu dalam RPS beberapa Capratar (4 orang) akan mengangkat replika tandu Jenderal Besar Sudirman, yang pada saat perang gerilya beliau tidak bisa berjalan karena sedang sakit paru-paru (tbc). Hal ini menunjukkan sikap Jenderal Besar Sudirman yang pantang menyerah hingga titik darah penghabisan. Walaupun sedang sakit parah, beliau tetap melakukan perang gerilya.

Napak tilas yang hampir menempuh jarak 40 km, dimaksudkan untuk menanamkan dan mewarisi nilai juang, kepribadian, dan kepemimpinan Panglima besar Jenderal Sudirman kepada para Capratar. Dari napak tilas ini diharapkan, para Capratar mewarisi nilai-nilai positif dari Jenderal Besar Sudirman seperti pantang menyerah, rela berkorban, kesabaran, kejujuran, ketaqwaan, keserdehanaan dan menghayati strategi dan taktik yang diterapkan Panglima Besar Jenderal Sudirman pada saat melaksanakan perang gerilya.

Foto: Jenderal Besar Sudirman “benar-benar gagah beliau pada waktu itu



Foto: ‘Jenderal besar’ Soedirman dan ‘Sang Proklamator’ Soekarno sedang berpelukan. foto ini hasil jepretan Fotografer IPPHOS, Frans Mendur. moment ini diambil ketika sang jenderal tiba dikediaman Soekarno pasca bergerilya. pada saat tiba dikediaman Soekarno, Soedirman masih marah kepada Soekarno dan Hatta, yang ingkar janji untuk turut bergerilya dan malah membiarkan dirinya ditangkap Belanda.

Mengenai  RPS juga ada horrornya juga. Gw sempat baca thread ini di kaskus, bahwa dalam RPS beberapa Capratar (4orang) akan mengangkat replika tandu Jenderal Besar Sudirman, kemudian pada saat perjalanan, tandu menjadi berat, konon katanya jangan sekali-kali menengok ke belakang. karena pernah ada kejadian salah satu capratar yang ditugaskan mengangkat replika tandu tersebut pernah menengok ke belakang ketika tandunya menjadi berat. dan apa yang terjadi pada capratar tersebut, dia langsung pingsan. Saat ditanyakan ketika sudah sadar, dia ngeliat manusia dengan raut muka tidak berbentuk alias hancur…hik hik hik

Foto: Capratar sedang mengangkat replika tandu Jenderal Besar Sudirman. “Jangan sekali-kali menengok ke belakang, ketika tandu jadi berat”.


Kalau mau lihat video perjalanan RPS bisa klik disini

Profil dari Panglima Jenderal Besar Sudirman bisa lihat disini dan disini.


”Lebih baik di bom atom daripada merdeka kurang dari 100 persen”

-Jenderal Besar Sudirman-

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. tomo said, on March 7, 2012 at 10:50 am

    wah jenderal jaman dulu berjuang dengan darah, sekarang para jenderal berjuang dengan berlomba-lomba membeli properti mewah


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: