This is aku-writing blog

MATEMATIKA PERPAJAKAN “3 NPWP – 2 NPWP = 1 NPWP”

Posted in INFO by akuwriting on March 24, 2012

TET…TET…TETE

Ring tone BBM-ku berbunyi, ternyata message dari seorang sahabat, yang isinya seperti ini :

           Fred, aku kemarin nemu blogmu loh. haha~ tp udh ga update lg ya skr?

                                                                                                                            ~Dida Kyshiea~

Isi BBM yang mengancam tersebut hampir sama dengan :

TET…TET…TETE, ring tone BB-ku berbunyi, sekali lagi TET…TET…TETE

Bunyi ringtone-nya gimana gitU. lagi ah TET…TET…TETE  

Fred, segera lunasi Hutang kamu, karena Aktiva = Hutang + Modal “abang satu ini lulusan akuntansi” jadi saya tidak punya modal buat dagang di tanah abang.

                                                                                                           ~Abang John Kei Lennon~


Ok cong!!! Piss cong…blog gw bakalan update kembali

Memang kalau dilihat dari postingan terakhir hampir satu tahun lebih sudah tidak ngeblog lagi “waduh banyak sarang laba-laba, tai tikus berarakan, bau pesing, bersih-bersih”

New post kali ini bercerita pengalaman saya yang berhasil, lulus, tamat, wisuda, game over, eh jangan deh’ game over artinya jagoannya mati, liburan di KPP (Kantor Pelayanan Pajak) guna menghapus NPWP ganda saya.


Awal ceritanya begini :

Tab..tab..tab…terdengar langkah sepatu mendekati saya, terlihat bayangan wanita berambut panjang berdiri didepan saya, saya menoleh pelan-pelan eh’ ternyata mba receptionist, sebut saja namanya Novi.

Menurut ramalan percakapannya seperti ini :

Mba Novi : Mas freddy ini NPWP-nya

Saya kaget : Apa? apa? sekali lagi seakan kagetnya luar biasa, apa? apa?

Saya marah : Saya kan sudah punya NPWP, kenapa dibuatin lagi, seakan ingin menyalahkan dia

Mba Novi tidak mau disalahkan : Saya kan tidak tahu mas Freddy. benar juga, kamu kan ga salah tapi yang salah itu suami kamu.

Pasti perusahaan tempat saya bekerja tidak nanya dulu, maka nanya dulu dong, apakah saya punya NPWP atau belum, dasar dong-dong!!!. Berbekal ilmu perpajakan yang selami dibangku kuliah dan ditambah lagi surfing Brevet AB, akhinya saya memutuskan untuk menghapus NPWP biadab ini.

Apa saja yang perlu disiapakan untuk menghapus NPWP Ganda, berikut penjelasannya:

  1. Surat pernyataan penghapusan NPWP ganda, yang contohnya bisa diklik disini
  2. NPWP Asli yang ingin dihapus dan foto copy NPWP terkini
  3. Materai Rp 6.000


Pada hari-H (D-Day) dan jam menunjukkan pukul 09.00 WIB saya sudah berada di KPP Bekasi Utara tapi saya lupa pada hari apa, yang pasti bukan tanggal 23 Maret. Kemudian saya mengambil no.antrian. Sambil menunggu no.antrian dipanggil, imajinasi saya mulai membayangkan pasal berapa yang menjerat saya, apakah nasib saya seperti Tulang Gayus Tambunan atau saya diberikan special rights tidak membayar pajak seumur hidup karena kejujuran saya melaporkan sendiri kewajiban perpajakan saya (self assessment system). Dasar maunya, hehehe.

Tepat alat penunjuk antrian menunjukkan no.antrian saya, lalu saya bergegas kedepan, duduk sambil menyapa selamat pagi kepada petugas pajaknya, kemudian saya mulai menjelaskan bahwa saya ingin menghapus NPWP ganda yang dibuatkan oleh perusahaan tempat saya bekerja, sedangkan NPWP yang saya buat sendiri sebagai NPWP terkini.

Jreengggg…Suasana horror pun terjadi karena setelah petugas pajak memasukkan NPWP ke system computer, ternyata NPWP yang dibuatkan oleh perusahaan tempat saya bekerja tidak ada di data system computer, nah loh! itu NPWP ngelayap kemana? Malah kata petugas pajak, saya pernah buat NPWP dibulan Mei 2011, nah loh! kapan gw berbuat mesum sama ibunya. SAYA BERANI TES DNA ATAS NPWP TERSEBUT.

Berhubung kejadiannya seperti itu maka pada surat pernyataan penghapusan NPWP, ada pernyataan yang saya ubah, “nomornya yang diubah (yang sebelumnya saya ketik NPWP dibuat perusahaan untuk dihapus, saya ubah menjadi NPWP yang pernah saya buat di bulan Mei 2011) dan pernyataan atas terbitnya NPWP tanpa sepengetahuan saya”

Satu bulan kemudian saya dikirimin pos dari KPP Bekasi Utara yang isinya bahwa NPWP yang saya ajukan untuk dihapus, dikabulkan oleh KPP Bekasi Utara “Alhamdullilah”.


Pic: Surat Balasan dari KPP Bekasi Utara

Semoga bermanfaat.

“Pajak Membangun Bangsa”

Leave a Reply

